1. Sebutkan kontrak-kontrak yang mungkin ada pada studi kasus ini ?!

2. Apakah yang dimaksud dengan klausa force majeure dalam kontrak ?! 

3. Seberapa pentingkah klausa force majeure dalam sebuah kontrak ? Mengapa demikian, Jelaskan pendapat Anda berdasarkan fakta-fakta yang ada ?

4. Sebutkan dan Jelaskan tujuan beberapa contoh klausa force majeure pada kontrak walmart ? (min. 3 item)

5. Apakah yang dimaksud dengan indemnity atau hold-harmless ?

6. Perlukah ada klausa indemnity dalam kontrak ? Apakah tujuan pencantuman klausa tersebut ? Jelaskan pendapat Anda.

7. Berdasarkan pemahaman Anda terhadap studi kasus Walmart, bagaimana walmart bisa mendapatkan keuntungan dari kontrak nya ?

Jawaban:
  1. Negosiasi dengan Rental Real estate untuk mengurangi tarif dengan pemgenbang Real estate itu sendiri pemilik webstite toko online tersebut (Real Estate)
  2. Force Majeure adalah suatu kejadian terjadi di luar kemampuan manusia dan tidak dapat dihindarkan sehingga suatu kegiatan tidak dapat dilaksanakan atau tidak dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya.
  3. Sangat penting, apabila terjadi keadaan kahar atau force majeure terhadap suatu Barang Kena Pajak sehingga Barang Kena Pajak tersebut musnah atau rusak sehingga tidak dapat digunakan lagi, maka tidak mengakibatkan dilakukannya penyesuaian atas Pajak Pertambahan Nilai (PPN) atau Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) yang telah dikreditkan atau yang telah dibebankan sebagai biaya untuk perolehan Barang Kena Pajak yang musnah atau rusak tersebut. Selain itu Apabila terjadi keadaan kahar atau force majeure terhadap suatu Barang Kena Pajak atau Barang Tidak Kena Pajak sehingga Barang tersebut musnah atau rusak sehingga tidak dapat digunakan lagi, maka akan mengurangi Persediaan Barang dan pada akhirnya akan mengurangi Harga Pokok Penjualan. Yang paling penting apabila mengalami keadaan kahar atau force majeure terhadap suatu Barang Kena Pajak atau Barang Tidak Kena Pajak sehingga Barang tersebut musnah atau rusak sehingga tidak dapat digunakan lagi adalah perlunya mencari dokumen yang dapat mendukung terjadinya peristiwa tersebut, yaitu dokumen yang berasal dari instansi yang berwenang, misalnya bukti terjadinya kebakaran dari pihak Kepolisian Republik Indonesia.
  4. tiga contoh klausa force pada wallmart 
    1. pertama, wallmart melakukan procuremnt atau pengadaan global untuk beberapa barang dan mempusatkan aktifitas penjualan terbanyak sehingga perusahaan memanfaatkan kekuatan pembelian .
    2. kedua memasang system keamanaan dan prosedur operasi utnuk toko agar mengurangi tingkat kesalahan baik human error atau sistem error. 
    3. Ketiga melakukan investasi pada penelitan automatisasi di distribusi pusat lalu mengefisiensikan setiap armada truk pengerimingan yang beroperasi tiap hari ke toko Wallmart dan menempatkan berbagai macam latihan menghemat biaya ke kepala cabang, distributor pusat, dan toko-toko.
  5. Hold hamlless, Ganti rugi merupakan kewajiban tiap orang untuk memberikan kompensasi untuk kerugian tertentu yang diderita oleh orang lain. misalnya, asuransi yang memberikan kerugian terhadap rumah yang sudah diasuransikan sehingga jika terjadi kerusahan diantara nya kebakaran, bencana alam, dan lain lain, assuransi wajib memberikan kompensasi ganti rugi terhadap rumah tersebut.
  6. Diperlukan, tujuannya ialah untuk menambah nilai tambah suatu perusahaan karena memberikan kompensasi kerugian tertentu bagi pelanggan agar bisa menarik perhatian pelanggan lainnya untuk membeli produk tersebut.
  7. wallmart mendapat keuntungan dari kreger - safeway dan supermarket yang terkait lainya karena dapat menurutkan ongkos dari biaya dan memiliki harga barang dibawah rata-rata rival, Contoh Seven Eleven.

Diberdayakan oleh Blogger.