Nama : Dwi Andhika Noviar
NIM : 131102597

Soal :
  1. Cari tahu apa yang di maksud dengan “Perang Harga”.?
  2. Kenapa hal tersebut bisa terjadi ? Sebutkan dan jelaskan 3 alasan
  3. Cari contoh perang harga yang pernah terjadi ? Berikan 1 Contohnya
Jawaban :


1 . Perang Harga ialah menambah pangsa pasar perusahaan secara cepat dengan menyingkirkan pesaing dari pasar. Dalam pribahasa cina "Seseorang yang tidak berpikir untuk menang akan bertindak defensif. Mereka yang berpikir akan menang selalu menyerang lebih dulu."
2 .

  • Penetapan harga untuk produk baru menetapkan harga jual produk baru dengan harga awal tinggi. Harga jual kian menurun seiring waktu berjalan. Produk elektronik dan sejenisnya kerap menggunakan strategi ini dalam melakukan penetrasi pasar. Misalnya: Nokia, laptop, PC, dan lain-lain.
  • Strategi Psikologi konsumen menetapkan harga jual yang ganjil atau sedikit di bawah harga jual yang telah ditentukan dengan tujuan secara psikologis memberikan kesan lebih murah kepada pembeli. contoh: harga Rp 100.000 menjadi Rp 99.990.
  • Strategi potongan harga strategi harga diskon (rabat) pada penjual adalah strategi dengan memberikan potongan harga untuk meningkatkan penjualan. Diskon dapat diberikan dalam bentuk kuantitas (untuk jumlah tertentu), pembayaran tunai, atau tukar tambah (trade discount).
  • Harga Kompetitif trategi relative price adalah menentukan harga di atas, di bawah atau sama dengan tingkat harga persaingan di mana gerakan harganya mengikuti gerakan pesaing.
3 . Perang harga terjadi pada perkembangan trasportasi khususnya motor,
Contohnya  Honda vs Yamaha diamana kedua menduga Honda dan Yamaha mencari keuntungan sebesar-besarnya dari penjualan sepeda motor dengan cara yang tidak sehat. KPPU memang sudah cukup lama menduga jika kedua produsen itu melakukan praktik kartel. Motor yang seharusnya bisa dijual lebih murah, kini malah terus melambung tinggi, padahal hampir semua komponennya sudah lokal. 

Diberdayakan oleh Blogger.